Peralatan Sticking Knife

Peralatan Sticking Knife merupakan peralatan / benda tajam yang digunakan untuk menusuk bagian leher pada babi yang sudah dipingsankan dan posisi gantung. Berbeda dengan metode halal pada pemotongan sapi dan kambing yang menyembelih leher, maka sistem berbeda digunakan pada rumah potong babi.  Babi cukup ditusuk  titik kritis pada babi, sehingga darah akan keluar  dengan cepat dan membuat babi cepat mati. Ada 2 metode peralatan sticking knife untuk babi  yang digunakan, namun kedua-duanya mempunyai pola yaitu meruncing  di ujung seperti tombak.


1. Sticking Knife - Pig Bleeding  Model Pipa
Model ini antara gagang dan mata tombak diberi pembatas. Darah akan keluar lewat bagian lubang pipa.
alat tusuk babi
Sticking knife - Pipa
Spesifikasi :
Material stainless steel sus 304
Panjang 120 mm


2. Sticking Knife - Pig Bleeding  - Pisau

Tentu saja banyak jenis pisau dengan bentuk ujung (tip) pisau yang mirip dengan pisau di bawah ini. Pisau solingen eikasso dan victorinoux swibo  juga bisa digunakan untuk melakukan penusukan untuk penirisan darah pada babi. Hanya saja bentuk permukaan bilah menjadi pembeda, karena bilah tidak rata tapi menggembung di tengah, membuat hasil tusukan menjadi lebih lebar, dan membuat jalur darah keluar menjadi lebih besar.

knife sticking
Sticking Knife ex F. Dick
Spesifikasi :
Panjang bilah 21 cm
Panjang gagang : 14 cm
Material bilah pisau : stainless steel


Perbedaan kedua metode tersebut adalah pada efektifitasnya. Pada metode pertama, lubang pada daging  tetap terjaga terbuka, sementara pada metode pisau ada kemungkinan lubang bisa tertutup sebagian sehingga darah yang mengucur tidak terlalu banyak.