Sabtu, 24 Juni 2023

Restraining Box Mini - Alat Perebah Sapi Untuk Pemotongan Saat Hari Raya Kurban

Restraining box adalah sebuah kotak yang dirancang khusus untuk membatasi gerakan hewan yang akan disembelih, dalam hal ini untuk sapi. Penggunaan restraining box sudah biasa banyak digunakan di rumah potong hewan.  Dengan menggunakan restraining box, hewan kurban akan lebih mudah dikendalikan dan dibatasi gerakannya tanpa harus melibatkan banyak orang. Sehingg  para petugas pemotong dalam melakukan pemotongan dengan aman dan efisien.


Sementara untuk penyembelihan sapi kurban, umumnya dilakukan secara manual dan banyak orang yang ikut serta dan berkerumun. Ini membuat sapi menjadi lebih gelisah. Untuk itu, digunakan peralatan yang mirip dengan restraining box, yaitu Restraining box mini. Peralatan ini dirancang dengan ukuran yang lebih kecil dari restraining box konvensional. Hal ini memungkinkan kotak ini lebih mudah dipindahkan dan disimpan, sehingga dapat menghemat ruang dan waktu. Selain itu, restraining box mini juga terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, sehingga dapat digunakan berulang kali pada setiap Hari Raya Idul Adha.

Pada saat pemotongan, hewan kurban akan ditempatkan di dalam restraining box mini, yang kemudian akan diposisikan agar memudahkan para petugas pemotong untuk melakukan pemotongan pada bagian tertentu. Dengan hewan kurban terbatasi gerakannya, para petugas pemotong dapat lebih mudah dan cepat melakukan pemotongan, sehingga proses pemotongan menjadi lebih efisien dan lebih aman.

BACA JUGA :
Restraining Box / Kotak Perebahan Sapi MARK I
Restraining Box Hidrolik - Mark IV


Dalam penggunaannya, restraining box mini juga dapat membantu menjaga kebersihan dan kesehatan daging kurban. Dalam proses pemotongan yang konvensional, karena hewan dijatuhkan ke tanah. Hewan kurban seringkali terkontaminasi oleh kotoran dan kuman selama proses pemotongan. Namun, dengan menggunakan restraining box mini, hewan kurban dapat dibersihkan dengan lebih mudah dan cepat, sehingga dapat menjaga kebersihan dan kesehatan daging kurban.

Fitur :
- Sistem dengan mesin penggerak
- Aman, mencegah kecelakaan karena tendagan kaki sapi
- Dinding perebah bisa dilepaskan dan ditarik ke lokasi penyembelihan
-Portable-mudah dipindahkan

restraining box kecil untuk hari raya kurban

Spesifikasi Restraining Box Mini  :

Dimensi (pxlxt) 275 x 60 x 180 cm
Rangka body : pipa 3 inchi tebal 3 mm dan pipa 1,5 inchi tebal 2 mm
Rangka pintu : pipa 3 inchi tebal 3 mm, dan pipa 1,5 inchi tebal 2 mm
Engsel : as 1 inchi
Roda dinding rebah : 5 inchi
Platform : plat bordess dan hollo 50x50 mm
Dynabolt L M14x100
FInishing : Cat primer dan finishing

alat perebah sapi

Ratchet :
Tali ikat kargo 3 inchi x 10 m

Alat Perebah :
Sling, gearbox, rantai sprocket, dan sprocket"

BACA JUGA :
Penggantung Daging Sapi Untuk Kurban - Gantry
Syarat Hewan Kurban Sesuai Sunnah dan Syariat Islam 

Dalam kesimpulannya, restraining box mini adalah sebuah inovasi teknologi untuk membantu merebahkan sapi bagi para petugas pemotong dalam menjalankan tugas mereka saat harus menyembelih sapi. Dengan menggunakan restraining box mini, proses pemotongan hewan kurban dapat dilakukan dengan lebih aman, efisien, dan lebih bersih. Sehingga, hasil pemotongan dapat menjadi lebih berkualitas dan layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.


Admin