Jumat, 19 Mei 2023

Daftar Tips Membuat Daging Empuk Pakai Bahan Alami,Bisa Juga Untuk Daging Kurban

Mendapatkan daging sapi yang empuk dan lezat menjadi impian setiap penggemar kuliner. Namun, seringkali kita menghadapi tantangan dalam mempersiapkan daging sapi yang tetap empuk saat dimasak. 

Daging yang keras dan sulit dikunyah bisa mengurangi pengalaman kuliner yang memuaskan. Untungnya, ada beberapa tips dan cara yang dapat Anda terapkan untuk mencapai tekstur daging sapi yang empuk dan nikmat. 

Tips membuat daging empuk
Ilustrasi daging. Sumber : Kyle Mackie on Unsplash

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa strategi terbaik untuk mempersiapkan daging sapi empuk sehingga Anda dapat menikmati hidangan yang memuaskan dan tak terlupakan. Teknik ini juga bisa digunakan untuk daging kurban, sesuaikan saja dengan bahan, peralatan yang tersedia dan jenis daging yang didapatkan. 

Dari teknik memilih daging yang tepat hingga proses pengolahan yang cermat, mari kita eksplorasi cara-cara yang akan membantu Anda mencapai kelembutan daging sapi yang diidamkan.

Bahan Untuk Membuat Daging Empuk

1. Membuat daging empuk dengan daun pepaya

Daun pepaya ternyata bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengempukkan daging sapi dan kambing. Ternyata cara ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat zaman dulu. Selama ratusan tahun, beberapa budaya yang berbeda telah membungkus daging dalam satu daun pepaya dan mendiamkannya.

Serat alami dan enzim papain dari pepaya bisa membantu melunakkan daging. Gunakan satu daun pepaya banding empat daging sapi. Misalnya, cukup pakai 250 gram daun pepaya untuk mengempukkan daging sebanyak satu kilogram. Remas daun terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam potongan daging dan diamkan selama 60 sampai 90 menit. 

2. Daging empuk dengan nanas

Selain daun pepaya, nanas juga populer untuk mengempukkan daging. Kandungan enzim bromelain dalam nanas bisa membantu mengempukkan daging. Ini bisa membantu daging menjadi lebih empuk saat direndam karena melarutkan serat kolagen.

Caranya dengan menghaluskan  nanas lalu campurkan pada potongan daging. Diamkan beberapa jam. Anda juga bisa mencampurkan langsung potongan nanas ke daging. Perlu diingat, untuk tidak mengasinkan daging dengan nanas selama lebih dari 12 jam. Hal ini dikarenakan nanas memiliki kandungan asam yang sangat kuat.

3. Membuat empuk daging dengan baking soda

Baking soda atau soda kue bersifat antasid yang dapat menetralkan asam. Soda kue meningkatkan pH pada permukaan daging dan membuat bagian luar daging lebih basa dan membuat protein daging menjadi renggang. Saat protein tidak mengikat, daging akan tetap empuk bahkan setelah di masak.

Cara menggunakan baking soda untuk membuat daging menjadi empuk adalah dengan membaluri baking soda ke bagian luar daging sapi yang sudah dibersihkan dan didiamkan selama 30 menit. Biasanya penggunaan baking soda yang diperlukan ialah sekitar 15 gram untuk satu kilo daging.

4. Rahasia daging empuk dengan garam

Garam disebut bisa memecah serat otot daging tanpa merusak rasanya. Cukup taburi permukaan daging dengan garam lalu diamkan selama satu sampai dua jam. Kemudian, bilas dan tepuk-tepuk permukaan daging hingga kering saat akan dimasak.

5. Marinasi daging  dengan Buttermilk

Buttermilk merupakan bahan yang memang tidak biasa. Bahan yang disebut juga susu fermentasi ini juga dijual dsupermarket. Kandungan asam laktat dalam buttermilk bisa melemahkan serat dan membuat daging menjadi empuk. Marinasi daging menggunakan buttermilk dan biarkan menyerap selama 20-40 menit sebelum dimasak.

6. Bahan Yoghurt

Selain buttermilk, yoghurt juga bis membantu mengempukkan daging kurban.  Yogurt mengandung asam yang memecah dinding protein daging yang keras. Saat daging menjadi lebih asam, ia dapat menyerap lebih banyak kelembapan.

Pada saat yang sama, keasaman susu mempercepat reaksi kimia. Ini memudahkan enzim yang sudah ada dalam daging untuk memecah protein dari dalam ke luar.

Sehingga menyebabkan kerusakan kolagen pada daging. Dengan demikian, yogurt yang asam melembutkan daging dengan meningkatkan kadar airnya dan menghancurkan strukturnya.

7. Membuat empuk daging dengan buah pir

Jus pir atau puree secara tradisional banyak digunakan dalam bumbu perendam daging oleh masyarakat Korea. Jus ini tidak hanya menambah rasa manis tetapi juga berfungsi untuk melunakkan daging. Cukup campur 2 sendok jus pir pada bumbu marinasi daging sebelum memasaknya.

8. Bahan Air Lemon membuat daging empuk

Lemon merupakan bahan yang mudah didapatkan Asam pada lemon dapat membantu memecah daging yang keras. Anda bisa merendam daging dengan air lemon atau jeruk nipis kurang lebih 30 menit sampai 2 jam.

Ini bisa membantu melunakkan protein yang keras pada daging. Periksa secara berkala untuk melihat apakah daging mulai terlihat matang di tepinya.

Tips Perlakuan Memasak Daging Sapi agar Empuk

Selain mengaplikasikan salah satu bahan bahan yang disebut di atas, ada juga beberapa perlakuan yang bisa dilakukan supaya daging yang akan diolah menjadi lebih empuk. 

1. Buang Selaput Putih

Selaput putih atau yang disebut sebagai jaringan ikat (connective tissue) yang ada pada daging harus dibuang jika ingin menghasilkan daging yang empuk. Gunakan pisau tajam untuk membuang selaput putih di sekitar daging secara perlahan. Metode ini memang cukup repot, dan tentu saja bisa digunakan untuk daging dengan ukuran besar.

2. Buang Urat

Selain selaput putih, urat pada daging juga merupakan penyebab daging menjadi keras sehingga memakan waktu yang lama untuk dimasak. Oleh karena itu, untuk membuat daging menjadi empuk, sebaiknya buang urat pada daging saat akan mengolahnya.


daging empuk
Sumber :  Llio Angharad on Unsplash

3. Potong Berlawanan Arah Serat

Daging harus dipotong berlawanan dengan arah serat untuk membuat serat menjadi lebih pendek. Jika serat daging sudah pendek, daging akan lebih cepat matang dan empuk, serta mudah dikunyah.

4. Pakai Pemukul Daging

Untuk membuat daging empuk, sebelum mengolahnya Anda juga bisa memukul daging dengan alat khusus. Namun, jangan memukul daging terlalu keras agar tekstur daging tidak rusak dan bisa tetap menarik ketika diolah.

BACA JUGA :

Harga Daging Sapi Kualitas 1 Seluruh Pasar Tradisional Provinsi di Indonesia
Penggantung Daging Sapi Untuk Kurban - Gantry


5. Masak dengan Api Kecil

Teknik slow cooking juga bisa menjadi alternatif cara mengempukkan daging kurban. Memasak dengan api kecil dan lama bisa memecah kolagen, yang dapat membantu melembutkan daging.

Saat merebus potongan daging yang keras dengan waktu yang lama, kolagen terurai dalam cairan memasak dan benar-benar membiarkan serat otot yang keras itu terpisah. Hasilnya, daging pun akan menjadi empuk saat dimakan.


Admin