Jumat, 19 Mei 2023

Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Dengan Bahan Alami, Bisa Dipakai Saat Hari Raya Kurban

Dalam proses memasak daging, seringkali kita dihadapkan dengan masalah yang umum tetapi mengganggu, yaitu bau yang menempel di tangan setelah memegang atau memotong daging. Bau daging yang persisten ini dapat menjadi tidak nyaman dan sulit dihilangkan hanya dengan mencuci tangan biasa. Namun, ada beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi masalah ini dengan mudah dan efektif. 

menghilangkan bau daging


Urusan bau daging karena pengolahan daging ini tidak hanya dialami penguasaha daging atau usaha kuliner saja. Cara menghilangkan bau daging yang menempel di tangan penting diketahui, terutama bagi Anda yang ingin mengolah daging saat Idul Adha.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa cara praktis untuk menghilangkan bau daging yang menempel di tangan menggunakan bahan-bahan alami yang umumnya tersedia di dapur Anda. Dengan tips yang kami berikan, Anda dapat dengan mudah menyingkirkan bau daging yang tidak diinginkan dan kembali merasa segar dan bersih.


Bahan Untuk Menghilangkan Bau Daging

Live Sciencemenyebut bahwa daging merah memang cenderung memiliki bau yang khas. Saat memegangnya, biasanya baunya akan menempel pada tangan dan susah untuk hilang. Adapun salah satu daging yang memiliki aroma kurang sedap adalah daging kambing atau domba.Selain itu jika aroma yang telah dicium oleh hidung biasanya akan sulit untuk hilang. Hal ini karena indera penciuman telah aktif saat sel sensorik bereaksi dengan molekul tertentu dalam fase gas memberikan sinyal ke otak.

Ada beberapa bahan-bahan di rumah yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau daging pada tangan, seperti:

1. Garam

Bahan alami pertama yang bisa membantu menghilangkan bau daging yang menempel di tangan adalah garam. Garam menjadi bahan yang sangat mudah ditemui di rumah. Untuk menghilangkan bau tidak sedap cukup basahi tangan Anda dengan air dan taruhlah garam di tangan Anda. Gosok tangan Anda dengan garam selama beberapa saat. Kemudian bilas dengan air sampai bersih dan bau akan menghilang.

2. Cuka dan Soda Kue

Soda kue merupakan perlengkapan dapur yang banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan berbagai aroma tidak sedap, termasuk bau amis dan daging.
Anda bisa mencampurkannya dengan cuka untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Campurkan kedua bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta, lalu gosokkan pada tangan dan cucilah tangan Anda dengan air.

3. Lemon

Kemampuan lemon dalam menghilangkan noda dan aroma tidak sedap memang sudah tak perlu diragukan lagi. Bahkan, banyak sabun pembersih yang menggunakan ekstrak lemon untuk menambah kekuatan pembersih dan memberikan aroma segar.

Cara menghilangkan bau amis di tangan dengan lemon adalah dengan merendam beberapa potong lemon di dalam air. Kemudian, gunakan air rendaman lemon untuk mencuci tangan sambil menggosok telapak tangan dengan irisan jeruk lemon hingga aromanya hilang.

Kopi tidak hanya dapat diolah menjadi minuman yang enak, namun juga dapat digunakan untuk menghilangkan aroma tidak enak. Cukup gosok tangan Anda dengan biji maupun bubuk kopi, lalu cucilah tangan dengan sabun dan air.

5. Pasta Gigi

Siapa sangka, jika pasta gigi ternyata juga bisa bantu menghilangkan bau daging di tangan. Gunakan pasta gigi seperti saat Anda menggunakan sabun cuci tangan, maka bau pada tangan Anda akan hilang. Namun gunakanlah pasta gigi yang berwarna putih, karena pasta gigi gel tidak cukup baik untuk menghilangkan aroma tidak sedap.

Tips menghilangkan bau prengus daging kambing

Bau daging merah, terutama kambing memang biasanya cukup menganggu. Selain bau pada tangan, bau yang menempel pada daging kambing juga penting untuk dihilangkan sebelum diolah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau prengus pada kambing:

BACA JUGA: 

Daftar Tips Membuat Daging Empuk Pakai Bahan Alami,Bisa Juga Untuk Daging Kurban
Restraining Box Mini - Alat Perebah Sapi Untuk Pemotongan Saat Hari Raya Kurban
Syarat Hewan Kurban Sesuai Sunnah dan Syariat Islam


  • Jangan cuci daging dengan air agar baunya tidak menguat.
  • Olah daging kambing menjadi masakan yang diolah dengan penuh rempah-rempah agar bau kambing tersamarkan atau hilang.
  • Beberapa rempah yang cocok untuk diolah bersama daging kambing di antaranya adalah kunyit, cengkeh, bawang putih, jahe, kayu manis dan bunga lawang.
  • Jika ingin memasak jeroan kambing rebus terlebih dulu dalam air berisi potongan lengkuas dan daun salam. Buang busa-busa putih yang keluar dari rebusan jeroan karena di situlah sumber bau berasal.
  • Hilangkan bagian lemak agar bau prengus juga sedikit menghilang
  • Taburi daging dengan garam untuk menetralisir bau prengus pada daging.
  • Bungkus daging dengan daun pepaya bisa bantu hilangkan bau. Daun pepaya mempunyai kandungan enzim yang berfungsi menetralisir bau amis dan membantu membuat tekstur daging menjadi lebih empuk.

Admin